Ratih Handayaningrat

Saya Ratih Handayaningrat, pengajar pada SMPN 1 Baros kab Serang, Banten, berdomisili di Pandeglang, Banten. Pernah mengikuti kegiatan Sagusabu Banten I. ...

Selengkapnya

WASPADAI TAMBAHAN BAHAN PANGAN TAK AMAN KONSUMSI

Tubuh sehat adalah idaman semua manusia. Kesehatan ini juga ditentukan oleh sumber bahan pangan yang kita konsumsi. Pentingnya pangan sehat terkait dengan keseimbangan tubuh. Jika zat berbahaya yang terkandung pada pangan dikonsumsi secara terus menerus, maka akan terakumulasi di dalam tubuh sehingga menyebabkan penyakit atau gangguan tubuh. BPPOM RI telah melakukan penelitian pangan yang berkode MD (pangan yang diproduksi oleh industri besar dan menengah) yang ditemukan mengandung Rhodamin B. Sebagai perbandingan, lebih dari 1/3 produk yang mengandung Rhodamin B adalah pangan dengan kode SP (pangan yang diproduksi oleh industry rumah tangga) serta sebagian besar atau 2/3 (59%) produk tidak terdaftar pada BPPOM RI.

Rhodamin B digunakan sebagai pewarna sintetis pada industri tekstil dan kertas. Rhodamin B berbentuk bubuk Kristal merah keunguan, tidak berbau dan dalam larutan akan berwarna merah terang berpendar. Rhodamin B dilarang sebagai pewarna pangan karena jika dikonsumsi secara terus menerus dapat menyebabkan kanker hati, iritasi pada paru-paru, mata, tenggorokan, hidung dan usus.

Berikut nama-nama dagang Rhodamin B yang beredar di pasaran : Tetra Ethyl, Rheonin B, D dan C Red No. 19, CI Basic Violet 10, CI No. 45179, Acid Bruliant Pink B, ADC Rhodamin B, Aizen Rhodamin BH, Aizen Rhodamin BHC, Akiriku Rhodamin B, Briliant Pink B, Calcozine Rhodamin BL, Calcozin Rhodamin BX, Calcozin Rhodamin BXP, Cerise Toner, [9-(orto-Karboksifenil)-6-(dietilamino)-3H-xantin-3-ylidene]dietil ammonium klorida, Cerise Toner X127, Certiqual Rhodamin, Cogilor Red 321.10, Cosmetic Briliant Pink Bluish D conc, Edicol Supra Rose B, Elcozine Rhodamin B, Geranium Lake N, Hexacol Rhodamin B Extra, Rheonine B, Symulex Magenta, Takakoka Rhodamin B, Tetraetilrhodamin.

Gunakan pewarna yang dianjurkan dan relative aman dengan merk dagahodamin B diantaranya :

1) Warna pangan kelihatan cerah (berwarna-warni), sehingga tampilan tampak menarik

2) Ada sedikit rasa pahit, terutama pada produk minuman.

3) Muncul rasa gatal di tenggorokan setelah mengonsumsi

4) Tahan terhadap pemanasan (direbus, dikukus, digoreng), sehingga warna tidak pudar

5) Pangan yang berwarna merah mencolok dan cenderung berpendar. Banyak memberikan titik-titik warna karena tidak homogeny (misalnya pada kerupuk dan es puter)

Tanda dan gejala akut bila terpapar Rhodamin B atau mengonsumsi Rhodamin dalam jangka waktu lama, yaitu :

1) Jika tertelan, dapat menimbulkan iritasi pada saluran pencernaan dan menimbulkan gejala keracunan dan air seni akan berwarna merah atau merah muda

2) Jika terkena kulit, dapat menimbulkan iritasi pada kulit

3) Jika terkena mata, dapat menimbulkan iritasi pada mata (mata kemerahan)

4) Jika terhirup dapat menimbulkan iritasi pada saluran pernafasan.

Tindakan yang bisa dilakukan bila terpapar Rhodamin B :

1) Bila terkena kulit, lepaskan pakaian, perhiasan dan sepatu korban yang terkontaminasi/terkena Rhodamin B

2) Cuci kulit dengan sabun dan air yang mengalir sampai bersih dari Rhodamin B selama sekitar 15 – 20 menit.

3) Bila terkena mata, bilas dengan air mengalir atau larutan garam. Mata dikedip-kedipkan sampai dipastikan sisa Rhodamin B sudah tidak ada lagi/bersih

4) Bila tertelan dan terjadi muntah, letakkan posisi kepala lebih renah dari pinggul untuk mencegah masuknya muntahan ke dalam saluran pernafasan. Bila korban tidak sadar, miringkan kepala ke samping atau ka satu sisi. Bila perlu, segera hubungi dokter.

(dari berbagai sumber)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali